Home > Uncategorized > MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE ITU MUDAH

MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE ITU MUDAH

Dewasa ini, pengembangan media sudah mulai mengarah kepada computer assisted instruction (CAI) yaitu, sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis microprocessor, atau lebih dikenal dengan istilah PBK (pembelajaran berbantuan komputer), Arsyad (1997:35). Beberapa penelitian menunjukan bahwa PBK mampu memberikan dampak yang konstruktif dalam memicu motivasi belajar siswa. selain itu PBK juga mampu mengakomodasi berbagai potensi belajar, sehingga sangat cocok bagi kelas yang memiliki hiterogenitas tinggi. Kelebiahan lainnya adalah kemampuan Manipulative, sehingga penyajian materi bisa lebih efektif dan efesien. sebagai contoh dalam metamorfosis kupu-kupu, jika dilakukan pengamatan secara alamiah, tentu bisa memakan waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu, namun berbeda ceritanya jika proses ini di olah dengan menggunakan komputer, karena proses berubahnya larva menjadi kepompong, kemudian menjadi kupu-kupu bisa dimanipulasi dan disajikan hanya dalam beberapa menit saja, bahkan dengan tingkat kefahaman yang lebih baik.

Langkah-langkah membuat PBK :

Secara teoritis, langkah penggunaan komputer sebagai media pembelajaran mengikuti proses instruksional sebagai berikut :
1. Merencanakan, mengatur, mengorganisasikan, dan menjadwalkan pengajaran.
2. Mengevaluasi siswa (tes);
3. Mengumpulkan data mengenai siswa
4. Melakukan analisis statistik mengenai data pembelajaran
5. Membuat catatan perkembangan pembelajaran (kelompok atau perkembangan).
Format penyajian media berbasis CAI (computer assisted instruction) pada hakekatnya, terdiri dari tiga bentuk yaitu : Tutorial, Drill and practice, dan Simulation. Tutorial adalah penyajian pembelajaran dalam bentuk soal-soal, atau pertanyaan sehingga siswa seperti sedang berinteraksi selayaknya interaksi dengan seorang tutor atau guru.
Dril and practice, penyajian dengan format ini dapat menuntun siswa dengan serangkaian contoh untuk meningkatkan kemahiran menggunakan keterampilan. Komputer dengan sabar memberi latihan sampai suatu konsep benar-benar dikuasai sebelum pindah kepada konsep yang lainnya. Simulation, penyajian dengan simulasi dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara dinamis, interaktif, dan perorangan. Dengan simulasi, lingkungan pekerjaan yang kompleks dapat ditata sehingga menyerupai dunia nyata. Arsyad (1997:98). Dengan begitu format penyajian pembelajaran berbantuan komputer dapat memilih salah satu, atau mengkombinasikan ketiganya dalam bentuk sajian yang lain misalnya web.

Bagaimana Implementasinya ?

Dilihat sekilas bigitu rumit membuat media berbasis PBK, Apalagi jika belum menguasai bahasa pemrograman,atau program pembuat media, hemm Seolah punguk merindukan bulan, namun akan kontras jika anda membaca judul tulisan ini, Kenapa ?, Karena kita akan berkenalan dengan software yang sangat cantik, bahkan kecantikannya mampu mengalahkan wibawa kaisar roma, seperti kecantikan Anastasia Palazzo dalam novel Habiburrahman El Zirazi. Moodle namanya, Moodle merupakan salah satu paket software untuk membuat suatu pelatihan-pelatihan berbasis web dan internet yang biasa disebut sebagai Learning Management System (LMS) / Course Management System (CMS) / Virtual Learning Environment (VLE). Moodle disediakan secara gratis dan bebas digunakan karena merupakan software open source (dibawah lisensi GNU Public). Pada Januari 2008 tercatat 38,896 lebih situs yang memakai moodle, dengan 16,927,590 user bergabung di dalam 1,713,438 course. Lihat di http://www.ilmukomputer.com/ferry renaldo.

Kata Moodle awalnya merupakan kependekan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment, walaupun pada awalnya huruf M kependekan dari kata “Martin’s” yang berasal dari Martin Dougiamas sang pembuat Moodle. Maksud dari modular disini adalah para developer di seluruh dunia dapat mengembangkan serta menciptakan module – module baru untuk menambah fungsional Moodle.

Moodle dapat diinstall pada komputer manapun (Windows, Mac, dan berbagai distro Linux) yang dapat menjalankan PHP dan mendukung database bertipe SQL (MySQL, Postgre, Oracle, ataupun Microsoft SQL Server). Aplikasi Moodle bisa di download pada alamat http://www.moodle.org/. Saat ini Moodle sudah di gunakan pada lebih dari 150.000 institusi di 160 negara didunia.

Mencicipi Kemudahan Moodle

Sebelum instalasi moodle dilakukan, terlebih dahulu instal AppServ atau Xammp, kita bisa mendapatkannya melalui ustadz google secara cuma-cuma. Kemudian :1. Extract moodle pada direktori C:\Program Files\xampp\htdocs2. Buka aplikasi browser (IE, Mozila, Opera,dll) kemudian masukan alamat http://localhost/moodle/ selanjutnya lakukan instalasi seperti instalasi program pada umumnya. 3. Setelah proses instalasi selesai maka kita bisa menjalankan aplikasi moodle.

sumber: http://www.facebook.com/#!/note.php?note_id=489460621788

Categories: Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: